Pameran Seni Batik  dalam rangka Ujian Akhir Semester  ISBI Tanah Papua

Jayapura, Pada Hari Jumat Tanggak 10 Desember 2021 Jurusan Seni Rupa dan Desain ISBI Tanah Papua mengadakan Pameran Batik dalam rangka Ujian Tugas Akhir Mata Kuliah Seni Batik yang bertempat di Gedung Serba Guna ISBI Tanah Papua.

Rektor ISBI Tanah Papua Dr. I Dewa Ketut Wicaksana dalam sambutannya mengatakan karya-karya mahasiwa sangat luar biasa dan matakuliah seni batik adalah matakuliah yang sangat bagus. Rektor  Juga mengatakan bahwa pameran seni batik ini bisa dilakukan menjadi pra Tugas Akhir bagi Mahasiswa. Diakhir sambutannya Rektor membuka pameran secara resmi dengan memukul tifa.

Adapun pameran ini diikuti oleh delapan orang mahasiswa yang terdiri dari  dua program studi yakni dua orang dari kriya seni dan enam orang dari seni rupa murni. Matakuliah Seni Batik diampu oleh Joni Silas Wona S.Sn. dan Retnoning Adji Widi Astuti S.Hut., M.SI..

Joni Silas Wona sebagai dosen pengampu matakuliah seni batik mengatakan Ujian Akhir Semester dilakukan pameran seni batik ini bertujuan untuk mengukur kemampuan setiap mahasiswa baik prodi kriya seni dan seni rupa murni dalam karya seni batik. Pameran ini juga bertujuan menjadi gambaran bagi mahasiswa  untuk berkreasi dan berekperimen untuk pra Tugas Akhir. Setiap mahasiswa bertanggung jawab buat karyanya dengan membuat filosopi dari karya yang dipamerkan.  Joni Silas Wona juga mengajak mahasiswa untuk aktif dalam matakuliah ini, karena dapat dijadikan jadi nilai ekonomi didunia masyarakat.

Koprodi Kirya Seni Retnoning Adji Widi Astuti S.Hut., M.Si. sekaligus juga dosen pengampu mata kuliah seni batik mengatakan bahwa Ujian AKhir ini dilakukan dengan pameran seni batik bertujuan untuk memamerkan karya karya mahasiswa kriya seni dan seni rupa murni, pameran ini juga mengangkat semangat mahasiswa bahwa karyanya dipamerakan, dan mahasiswa bisa berkreasi dengan mengangkat motif motif dari daerah masing-masing dan dituangkan berupa batik dimulai dari menggambar kemudian mencanting kemudian mewarnai dengan teknik colek setelah itu dilorot dan hasilnya adalah kain batik.

Koprodi Kriya seni juga mengatakan semoga mahasiswa banyak berkarya, jangan cepat puas dan terus mencoba mencoba dan mencoba. Semoga mahasiswa yang belum aktif kuliah bisa semakin aktif dan mahasiswa yang aktif janga cepat puas dan harus menggali kearifan local yang meraka punya.

Pameran seni batik ini disaksikan oleh dosen, mahasiswa dan masyarakat yang dating berkunjung.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Koordinator Program Studi

Koordinator Program Studi
Retnoning Adji W. S.Hut., M.Si.

POLLING